Selamat pagi sahabat CES senang Rasanya bisa kembali ngeposting ..,,
Banyak di luar sana pemerhati ekonomi, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah, yang berpendapat bahwa dalam melakukan pemberdayaan masyarakat, terkhusus pada usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). selain kebanyakan dari mereka terkendala pada modal, sebagian dari mereka juga terkendala pada skill sales dan marketing, manajemen, bahkan minset seorang pengusaha yang masih kurang dari mereka.
Disisi lain kesulitan dalam membangun kepercayaan, membangun jaringan kerja, serta reputasi membangun bisnis juga lemah. Sehingga banyak sebenarnya UKM kita yang memproduksi produk-produk yang bernilai tinggi dan bahkan bisa dibilang unik sulit berkembang di sebabkan karena beberapa faktor di atas. Namun satu hal yang dimilki UMKM di Indonesia yang tidak dimiliki oleh UMKM diluar sana, yaitu adanya modal sosial..
Para peneliti berpendapat bahwa modal sosial ini dapat dikembangkan untuk meningkatkan mutu dari UMKM kita saat ini, salah satu bentuk modal sosial yang dimaksud dapat berupa kecintaan untuk tetap memakai produk indonesia, gotong royong, dan suka membantu keluarga/tetangga di sekitar. Modal sosial inilah yang juga harus dikembangkan selain beberapa faktor tadi.
Apabila semua faktor penungjang ini dapat kita perbaiki kekurangannya maka niscaya UMKM di negeri kita ini dapat menemukan titik terang. Inilah yang sekarang harus kita perbaiki bersama demi kemaslahatan ummat (hehehe bahasanya itu loh )....
Terakhir, menurut cepy yana mulyana bahwa semua kegiatan yang dilaksakan layaknya sebuah kail.
"jika pengusaha UMKM memiliki mindset berbisnis yang benar, pengetahuan produk, serta manajemen dan pengelolaan yang baik maka usahanya bisa dipastikan akan berkembang dengan baik."
ok sahabat CES kita tunggu saja postingan berikutnya yah....!!
No comments:
Post a Comment