WELCOME TO MY BLOG

Wednesday, September 18, 2013

Rencan Bisnis Sederhana





I.                 RINGKASAN EKSEKUTIF  ( EXCEUTIVE SUMMARY )

Collection match adalah konsep butiq khusus mendesain koleksi tas dan sepatu sesuai dengan tema yang akan dipilih  oleh para konsumen. Konsep ini dipastikan akan cocok sekali bagi para wanita yang gila shopping and mix-match pakaian mereka dengan tas juga sepatu yang cocok. CM menawarkan keahlian mendesain berbagai sepatu sesuai tema seperti : summer light , rainy news , rainbow cute , fun girls , sporty , holiday dll. Konsep ini dibuat juga untuk membedakan produk butiq yang selama ini hanya terfokus dengan baju-baju, tas-tas, accesories saja tidak ada yang namanya paket tas dan sepatu yang bisa di pesan sesuai dengan tema apa yg akan di angkat oleh si pemakai/konsumen agar tidak salah kostum.


CM juga menawarkan fasilitas viting untuk mencocokan warna dan model yang di sediakan untuk memberi gambaran kepada konsumen. Dan untuk kemudahan konsumen memilih CM juga menawarkan beberapa orang staylish mix-match apabila ada konsumen yang bingung/tidak bisa untuk menentukan mana yang cocok, dengan adanya staylish lebih akan mempermudah juga konsumen dapat mengetahui saat ini model yang sedang trand di masyarakat itu seperti apa.

CM yang pertama akan dibuka di bogor tepatnya di jantungnya Mall bogor yang berlokasi di depan Tugu Kujang Bogor yaitu Botani Square. Dan berikutnya akan dibuka di Mall besar jakarta, walaupun CM masih belum ternama tapi peluang untuk membedakan produk dan fasilitas mix-match paket tas dan sepatu yang bisa di pesan sesuai dengan tema yang nanti akan diambil oleh konsumen belum kami lihat tersebar luas di kota bogor.

Peluang untuk membuka butiq dengan konsep yang CM berikan ini dilihat masih sangat terbuka karna bagi masyarakan kota khususnya metropolitan yang kaya akan dunia fhasion dan staiyl apa lagi anak muda jaman sekarang bahkan anak sekolah dasarpun sudah mengetahui yang namanya fhasion, CM inilah salah satunya fasilitas bagi mereka-mereka yang suka dengan fhasion dan mix-match gaya styale sesuai dengan mode yang sedang trand. Disini CM akan menawarkan sebuah paket produk tas dan sepatu yang bisa di sesuaikan dengan tema yang akan diangkat oleh konsumen, juga konsumen dapat menentukan model yang mereka inginkan sendiri itus alah satu fasilitas dari CM yang akan meberikan sebuah kenyamanan pelanggan agar merka juga bisa memilih sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Elemen-Elemen utama yang di tawarkan untuk membedakan antara CM dengan butiq pada umumnya adalah:

1.    Qualitas produk buatan asli indonesia yang tidak kalah bagus nya dari kualitas barang dari luarnegri yang telah mempunyai nama/brand.
2.    Layanan desain sesuai dengan yang konsumen inginkan.
3.    Layanan stailish mix-match dan ruang viting sebelum menentukan desain yang konsumen inginkan yang selanjutnya akan dibuat oleh CM.
4.    Lokasi CM di dalam Mall yang mudah untuk di jumpai untuk para penggila shopping, juga anak-anak muda yang suka dengan hangout.
5.    Desain butiq yang unik dengan seragam pegawai yang menarik juga suasana nyaman dan hangat didalamnya.


Tahap awal rencana bisnis ini adalah membuka gerai seluas 20x10 m di dalam Mall, dengan target jangka panjang adalah ke Mall-Mall besar lainya di kota jakarta jg di kota-kota besar lainnya di indonesia, juga ke luarnegri.

II.               BISNIS

a.     Konsep bisnis

Collection Match ( CM ) adalah konsep butiq khusus paket sepatu dan tas yang dibuat oleh asli produksi indonesia yang tidak kalah dengan buaan luar negri.

CM ini yang akan di buka pertama kali di Mall bogor dan akan di kembangkan di Mall besar Jakarta dan kota-kota besar lainya, juga luar negri. Konsep butiq ini berbeda dengan butiq tas dan sepatu lain yang umumnya hanya mengambil barang dan di jual kembali dan tidak dapat di sesuaikan dengan tema juga di desain sendir sesuai dengan konsumen inginkan.

Rencana langkah pendek perusahaan akan membuka butiq pertama seluas-luasnya dengan ukuran 20x10 m di Mall botani square bogor. Jangka menengah perusahaan adalah menambahkan 2butiq, dan satu butiq lain di kota seperti bandung, sementara itu rencana jangka panjang perusahaan adalah menjadi pemimpin pasar butiq tas dan sepatu di kotas-kota besar bahkan di luarnegri. Manajeman perusahaan akan menekankan bahwa peluang membuka butiq di Mall sangat terbuka karna bagi mereka yang menyukai fhasion dan parpara pekerja

Pekerja yang suka dengan penampilan yang match dan mode adala sebuah kebutuhan yang dimana pasar yang akan CM lempar tidak hanya para anak-anak muda saja tapi untuk para ibu-ibu yang suka dengan fhasion juga dan akan dilemparkan ke menengah keatas dengan harga relatif agak murah dan tetap bisa
modis.

Berikut 5 elemen utama yang di tawarkan ileh Collection Match yang membedakan dengan butiq lain.


1.    Qualitas Produk.
CM didirikan untuk membuat produk yang baru bagi masyarakat dan diharapkan dapat membuat para penyuka mode tas dan sepatu yang biasa di mix-match agar terlihat lebih serasi akan terwujud dan CM berusaha untuk bagaimana memuaskan para konsumen dengan barang produk yang bagus jg modis dengan produk buatan asli dari negara sendiri yaitu indonesia, dengan melihatnya bahwa orang-orang selalu tidak melihat produk dari negara sendiri maka CM didirikan jg untuk membantu para pengrajin tas dan spatu yang berkualitas tinggi agar tidak kalah saingan dengan produk luar neri yang sudah mempunyai nama/brand.

2.    Layanan Paket produk sesuai tema.
Tujuan perusahaan adalah melayani pelanggan sebaik-baiknya dengan melihat kebutuhan dan keinginan konsumen karna konsep ini adalah konsep desain sesuai dengan tema dan juga bisa di pesan sesuai dengan pesanan pelanggan itu sendiri. Sesuatu yang berbeda yang coba CM wujudkan untuk memenuhi keinginan pelanggan yang hobi mengkoleksi sepatu dan tas yang bisa di padu padankan dengan dresscode yang mereka pakai atau juga sebagai sebuah trand dimana anak muda jaman sekarang berusaha untuk tampil modis dan fresh.

3.    Layanan staylish mix-match
CM juga menawarkan fasilitas  saylish mix-match yang paham dan tau akan dunia mode saat ini seperti apa, untuk membantu para konsumen memilih sesuai dengan tema yang akan dipakai nanti agar konsumen lebih memahami juga tentang dunia fhasion dan agar konsumen tidak salah pilih mode atau salah kostum saat tas dan sepatu itu akan dipakai dan di sesuaikan dengan dresscode yang akan nati konsumen pakai.

4.    Lokasi Collection Match di Mall
Sama dengan konsep butiq lainya yang sebagian besar berada di dalam Mall agar mempermudah CM mengenalkan produk-produknya dan juga mengenalkan sebuah nama collection match yang nantinya akan menjadi sebuah nama brand yang terkenal di kalangan dunia fhasion. Di sebuah Mall juga akan menjadi sebuah lahan penjualan yang  akan mempermudah konsumen untuk menemukan lokasi CM .

5.    Desain butiq uniq dan nyaman.
CM akan dirancan dengan tema-tema di dalamnya yang berbeda-beda sesuai dengan pajangan-pajangan produk yang nantinya akan CM pasarkan kepada konsumen. Juga nantinya CM di desain dengan senyaman mungkin agar konsumen betah dan enak saat berada didalam bitiq, dengan desain yang uniq pula orang-orang akan tertarik untuk masukdan melihat-lihat yang nantinya akan menjadi bahan omongan dari mulut ke mulut yang secara tidak langsung menjadi sebuah strategi pemasaran dari perusahaan ini.

b.    Produk yang Ditawarkan.
Walaupun produk yang CM tawarkan adalah tas dan sepatu, tetapi kami juga menawarkan fasilitas desain sesuai pesanan konsumen dan sytaylish yang akan membatu konsumen untuk memilih sesuai dengan tema.

excotic party : di desain untuk para konsumen yang suka  ke acara party dan bisa menyesuaikan tas juga sepatunya dengan dress andalan yang akan dipakai ke pesta ... "




Feminim cute : di desain untuk para konsumen yang bepenampilan feminim dan ceria, untuk menambah gaya konsumen untuk berpenampilan lebih cute.... "
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiU8Su5Rgf1c7t3hiUuTlnroGkPCCyi_OihK53MC4WsnOAnnVNQYlCWGCVv4SGj7OjdFKr7NU6nB9o2vuGpu-MieRcdJSrA4MfcIVEeiZERVzDs5_vwhi8lVREM1gpuba0tuHM8sq5JYS4Q/s200/md12.jpg






glamour girl : untuk para konsumen yang sangat mencintai dunia gemerlap, dapat juga dipadukan dengan dresscode yang akan konsumen pakai saat pergi ke club malam yang glamour... "



Princess white :  untuk para konsumen yang akan mengadakan sebuah acara keluarga/ pernikahan bisa juga jadi pilihan agar tetap bisa berpenambilan layaknya seoang putri didalam dongeng ... "






Paket Tas dan Sepatu

CM menawarkan paket tas dan sepatu yang serasi yang dapat dipakai sesuai dengan tema atau keinginan konsumen itu sendiri. Juga dapat dibantu oleh para stylish handal yang nantinya akan memberitahu mana yang cocok dan mana yang mode saat ini.

c.    Harga.
Harga yang di tawarkan oleh Collection Match sesuai dengan tema dan desain.

Daftar harga paket Tas dan Spatu CM
-       Ready paket T & S collection Match : Rp 350.000
-       Reqwest paket T& S collection Match : Rp 400.000
Harga yang ditawarkan relatif sesuai dengan tema dan pesanan mode yang di inginkan. Dibanding membeli tas dan sepatu yang terpisah CM berusaha memberikan paket yang berkualitas tinggi dengan harga yang nyaman di kantong para mahasiswa dan pelajar tentunya.

d.    Persediaan Barang danPemasaran.
-       Strategi pemasaan perusahaan adalah meningkatkan kesadaran pembeli bahwa produk buatan indonesia juga tidak kalah dengan luar negri. Dan juga akan membatu para pengrajin di indonesia semakin sejahtera.

Implementasi strategi ini meliputi hal-hal brikut :
1.    Memberikan pelayanan konsultasi.
2.    Penawaran kartu diskont untuk member.
3.    Materi-materi edukasi ( seperti poster/movie) yang berkaitan dengan pembuatan sepatu.
4.    Pelayanan yang ramah dan menyegarkan.
5.    Penempelan logo.

-       Bentuk lain strategi pembungkusan paket Collection Match.
Dibuat uniq juga ramah lingkungan, yang akan membuat pelanggan akan merasa puas juga dengan desain yang lucu membuat ketertarikan prang lain untuk datang dan membeli kemungkinan terjadi.

e.    Layanan Pelanggan.
Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen akan menyelanggarakan pemasaran internal melalui proses rekrutment, pelatihan, motivasi pra karyawan. Bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen.

Karyawan jg akan diberikan pelatihan mengenai cara mix-match tas dan sepatu agar pelayanan staylish memuaskan konsumen, dan para karyawan khusus stylish akan diberi terus pengetahuan tengtang dunia fhasion.

Karyawan menggunakan seragam yang bermacam-macam agar terlihat berbeda.
f.     Desain Gerai.
Akan di desain dengan tema yang sesuai dengan barang yang akan dipajang, jadi tema di dalam butiq macam-macam sesuai dengan produknya nantinya. Dan itu jg akan terlihat sangan berbeda dari yang lain.

g.    Lokasi dan Pilihan Wilaya.
Pilihan lokasi dengan wilayah butiq yaitu Mall dengan lalulintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau pengunjung dan terlihat dengan jarak yang cukup jauh.

h.    Mall terkemuka di masing-masing kota.
     Bogor ( Botani square ), jakarta ( Mall pondok indah2 ), Bandung ( BIP ), Yogyakarta (Mall malioboro ).

i.      Pasokan Barang Dagang.
-       Suplier tas
-       Suplier sepatu

j.      Operasi Gerai dan Manajemen.
-       Gerai akan di operasikan oleh satu manajer toko yang akan bekerja penuh waktu dan 3 sapai 5 orang pegawai pendukung yang bekerja paruh waktu.
-       Jam operasi adalah 9.00-21.00 setiap hari senin-minggu.


I.              Pasar.
-          Perusahaan mempertimbangkan dua pasar yang relevan yaitu :
·         Pasar butiq outlet di indonesia.
·         Pasartas dan sepatu di indonesia.
-       Salain itu, perlu dipahami pula segmen pasar yang akan dijadikan pasar sasaran Collectoion Match, perilaku konsumen ke butiq dan positioning yang akan digunakan.
-       Segmentasi Pasar.


Berdasarkan studi lowe dan majalah SWA (tahun 2005) segmentasi pasar Indonesi dapat dibagi menjadi 8 segmen, yaitu:

·         Segmen 1 : Pasrah/introvert wallflower (8,1%).
Ciri-ciri: wanita, usia matang berpendidikan rendah dan tinggal di daaerah. Umummnya tidak punya banyak keinginan dan tidak terlalu optimis terhadap masa depan.

·         Segmen 2 : Gaul/the networking pleasure seeker (11%).
Ciri-ciri: wanita, usia matang yang sangat terbuka, suka bergaul dan penuh gairah, tinggal di daerah perkotaan degan tingkat sosial ekonomi A+. Mereka sanagat materialistis dan memiliki harta/benda adalaj puncak kebahagiaan hidup. Sisi menaik segmen ini adalah mereka percaya bahwa peartemanan adalah investasi. Dimata mereka, pertemanan lebih seperti membuat jejaring daripada membangun ikatan. Sehingga bagi mereka, pengakuan diri itu ada jika mereka bisa diterima oleh lingkungan pergaulannya.

·         Segmen 3 : Orang Alim/confident establish (5,2%).
Ciri-ciri : Pria, usia matang, berpendidikan tinggi, dan tinggal di daerah perkotaan. Mereka sangat percaya diri dan berkarakter kuat, menyukai kedamaiian dalam kehidupan sosialnya, sangat normatif dan suka menolong.

·         Segmen 4 : Ibu-Ibu PKK/the optimistic famly person(13,5%).
Ciri-ciri : wanita, usia matang dari daerah rural dengan status sosial-ekonomi rendah, hidup dengan bersahaja, realistis, kekeluargaan, dan normatif. Mereka menyukai masak sebagai hobi, tidak sekedar kewajiban. Hidup diabadikan untuk keluarga, tidak meaterialistis. Keluarga adalah segalanya.

·         Segmen 5 : Anak Nongkrong/the change expect lad (10,5%).
Ciri-ciri : muda, laki-laki, tinggal di daerah urban, status sosial-ekonominya menengah-bawah. Karakter mereka: hidup berorientasi pada teman-temannya (kelompoknya). Konsep yang dianut: all is one and one is all.

·         Segmen 6 : Lembut Hati/cheerfull Humanist (12,1%).
Ciri-ciri : wanita muda dari daerah dengan tingkat sosial ekonomi rendah, cebderung tidak suka menjadi pusat perhatian, walaupun diterima dilingkungannya, menyukai lingkungan damai penuh harmoni, sangat menaruh perhatian, dan berempati pada lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Tidak mementingkan materi dan selalu ingin dibutuhkan lingkungan serta menyayangi kebersamaan.

·         Segmen 7 : Main untuk Menang/the savvy conquer(16%).
Ciri-ciri : pria matang berpendidikan, di daerah perkotaan ini sangat menikmati hidup lugas, selalu berusaha mencapai kejayaan. Sangat menyukai kompetisi dan cenderung dominan dalam pergaulan. Senang fashion, menikmati cuisine, dan gemar melihat iklan. Keinginan dasar mereka adalah dimanja materi dan barang-barang yang dipunyai, suka disanjung dan dipuja, serta supel dan penuh energi.

·         Segmen 8 : Bintang Penggung/the spontaneous fun loving (13,6%).
Ciri-ciri : wanita dari daerah perkotaan dengan status sosial-ekonomi tinggi, senang menjadi pusat perhatian, suka bergaul, suka pamer, dan menyenangi aktivitas diluar rumah, seperti pesta dan kumpul-kumpul. Mereka menyukai hal-hal baru yang sedang menjadi tren, seperti fashion dan gadget, serta sangat menukmati hidup. Bagi mereka, materi adalah alat untuk memenuhi tuntutan gaya hidup, sanjungan dan pujaan adalah bukti pengakuan diri, serta kelompok menjadi alat mencapai kepopuleran.

Berdasarkan hasil survey di atas, maka potensi segmen yang bisa djadikan sasaran Collection Match adalah segmen the spontaneous fun loving(13,6%), the networking wallflower(8,1%).


Perilaku konsumen ke butiq

·         Salah satu ciri-ciri konsumen di indonesia khususnya anak-anak muda jaman sekarang adalah gaul, modis juga trendi. Mereka juga senang yang namanaya berkumpul dan hangout bersama teman-teman dan kebanyakan mereka memilih Mall untuk bercengkrama bersama teman-temannya. Fasilitas yang banyak di sediakan di Mall khususnya adalah untuk memenuhi perilaku konsuman seperti demikian. Tak tekercuali dengan orang-orang yang suka dengan yang namanya fhasion dan belanja.

·         Jalan-jalan dan hunting untuk bershopping menjadi kebutuhan bagi mereka yang tidak suka dengan keadaan yang jenuh dengan suasana di rumah atau memang hanya ingin keluar untuk jalan bersama teman-temannya. Bagi masyarakat perkotaan saat ini salah satunya juga dipicu dengan adanya perilaku konsumen yang konsumtif.

Positioning

Agar dapat menarik perhatian calon pelanggan CM merancang sebuah strategi positioning yang akrab.

Beberapa statmen positioning yang bisa di gunakan misalnya :
1.    Your style fresh
2.    Match your style
3.    Change your style


II.               Pelanggan

Pasar sasaran.

Adalah anak muda bergaya, yang mempunyai hobi belanja dan sangat memperhatikan penampilan juga gaya dan mode saat ini. Target menengah ke atas. Gerai berlokasi di tempat yang mudah di jangkau. oleh anak-anak muda yang sedang pergi jalan-jalan.
Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi.


III.              Pesaing
Pesaing terutama berkaitan dengan merek tertentu yang mungkin sudah banyak di kenal, kualitas produk, layanan, lokasi gerai.dan butiq terkenal yang akan menjadi pesaing langsung Collection Match.


IV.            Manajemen
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek.
1.    Profesionalisme
2.    Keahlian dalam keuangan, manajemen dan aspek hukum.
3.    Atribut pribadi, seperti daya inisiatif dan determinasi serta integritas.


V.           Proyeksi keuangan
Ringkasan modal sbb:
1.    Biaya sewa gerai 1th          : Rp. 20.000.000
2.    Biaya Rancang interior       : Rp. 30.000.000
3.    Peralatan                            : Rp. 10.000.000
4.    Lain-lain:                             : Rp.   6.000.000 +
     : Rp. 66.000.000

Penjualan

·         Asumsi penjualan tahap awal rata-rata mix-match style pesanan.
·         Manajemen berasumsi bahwa konsumen akan berkonsultasi dan memesan pesanan paket.

Gaji

Manajemen akan membayar gaji menajer toko penuh waktu Rp 34.000.000/th. Karyawan paruh waktu akan digaji sebesar Rp700.000/bln.

Kinerja Keuangan

Kinerja keuangan di proyeksikan sbb :
·         Gross margin 70 %
·         Operating CF/sales 15%
·         Operating CF/interest 200%
·         Operating CF/investment 25%

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

No comments:

comment

kirim saran anda di bawah ini

Powered by 123ContactForm | Report abuse