I.
RINGKASAN EKSEKUTIF ( EXCEUTIVE SUMMARY )
Collection match adalah konsep butiq khusus mendesain
koleksi tas dan sepatu sesuai dengan tema yang akan dipilih oleh para
konsumen. Konsep ini dipastikan akan cocok sekali bagi para wanita yang gila
shopping and mix-match pakaian mereka dengan tas juga sepatu yang cocok. CM
menawarkan keahlian mendesain berbagai sepatu sesuai tema seperti : summer
light , rainy news , rainbow cute , fun girls , sporty , holiday dll. Konsep
ini dibuat juga untuk membedakan produk butiq yang selama ini hanya terfokus
dengan baju-baju, tas-tas, accesories saja tidak ada yang namanya paket tas dan
sepatu yang bisa di pesan sesuai dengan tema apa yg akan di angkat oleh si
pemakai/konsumen agar tidak salah kostum.
CM juga menawarkan fasilitas viting untuk mencocokan warna
dan model yang di sediakan untuk memberi gambaran kepada konsumen. Dan untuk
kemudahan konsumen memilih CM juga menawarkan beberapa orang staylish mix-match
apabila ada konsumen yang bingung/tidak bisa untuk menentukan mana yang cocok,
dengan adanya staylish lebih akan mempermudah juga konsumen dapat mengetahui
saat ini model yang sedang trand di masyarakat itu seperti apa.
CM yang pertama akan dibuka di bogor tepatnya di jantungnya
Mall bogor yang berlokasi di depan Tugu Kujang Bogor yaitu Botani Square. Dan
berikutnya akan dibuka di Mall besar jakarta, walaupun CM masih belum ternama
tapi peluang untuk membedakan produk dan fasilitas mix-match paket tas dan
sepatu yang bisa di pesan sesuai dengan tema yang nanti akan diambil oleh
konsumen belum kami lihat tersebar luas di kota bogor.
Peluang untuk membuka butiq dengan konsep yang CM berikan
ini dilihat masih sangat terbuka karna bagi masyarakan kota khususnya
metropolitan yang kaya akan dunia fhasion dan staiyl apa lagi anak muda jaman
sekarang bahkan anak sekolah dasarpun sudah mengetahui yang namanya fhasion, CM
inilah salah satunya fasilitas bagi mereka-mereka yang suka dengan fhasion dan
mix-match gaya styale sesuai dengan mode yang sedang trand. Disini CM akan
menawarkan sebuah paket produk tas dan sepatu yang bisa di sesuaikan dengan
tema yang akan diangkat oleh konsumen, juga konsumen dapat menentukan model
yang mereka inginkan sendiri itus alah satu fasilitas dari CM yang akan
meberikan sebuah kenyamanan pelanggan agar merka juga bisa memilih sesuai
dengan apa yang mereka inginkan.
Elemen-Elemen utama yang di tawarkan untuk
membedakan antara CM dengan butiq pada umumnya adalah:
1.
Qualitas produk buatan asli
indonesia yang tidak kalah bagus nya dari kualitas barang dari luarnegri yang
telah mempunyai nama/brand.
2.
Layanan desain sesuai dengan yang
konsumen inginkan.
3.
Layanan stailish mix-match dan ruang
viting sebelum menentukan desain yang konsumen inginkan yang selanjutnya akan
dibuat oleh CM.
4.
Lokasi CM di dalam Mall yang mudah
untuk di jumpai untuk para penggila shopping, juga anak-anak muda yang suka
dengan hangout.
5.
Desain butiq yang unik dengan
seragam pegawai yang menarik juga suasana nyaman dan hangat didalamnya.
Tahap awal rencana bisnis ini adalah
membuka gerai seluas 20x10 m di dalam Mall, dengan target jangka panjang adalah
ke Mall-Mall besar lainya di kota jakarta jg di kota-kota besar lainnya di
indonesia, juga ke luarnegri.
II.
BISNIS
a. Konsep bisnis
Collection Match ( CM ) adalah konsep butiq khusus paket
sepatu dan tas yang dibuat oleh asli produksi indonesia yang tidak kalah dengan
buaan luar negri.
CM ini yang akan di buka pertama kali di Mall bogor dan akan
di kembangkan di Mall besar Jakarta dan kota-kota besar lainya, juga luar
negri. Konsep butiq ini berbeda dengan butiq tas dan sepatu lain yang umumnya
hanya mengambil barang dan di jual kembali dan tidak dapat di sesuaikan dengan
tema juga di desain sendir sesuai dengan konsumen inginkan.
Rencana langkah pendek perusahaan akan membuka butiq pertama
seluas-luasnya dengan ukuran 20x10 m di Mall botani square bogor. Jangka
menengah perusahaan adalah menambahkan 2butiq, dan satu butiq lain di kota
seperti bandung, sementara itu rencana jangka panjang perusahaan adalah menjadi
pemimpin pasar butiq tas dan sepatu di kotas-kota besar bahkan di luarnegri.
Manajeman perusahaan akan menekankan bahwa peluang membuka butiq di Mall sangat
terbuka karna bagi mereka yang menyukai fhasion dan parpara pekerja
Pekerja yang suka dengan penampilan yang match dan mode
adala sebuah kebutuhan yang dimana pasar yang akan CM lempar tidak hanya para
anak-anak muda saja tapi untuk para ibu-ibu yang suka dengan fhasion juga dan
akan dilemparkan ke menengah keatas dengan harga relatif agak murah dan tetap
bisa
modis.
Berikut 5 elemen utama yang di tawarkan ileh Collection
Match yang membedakan dengan butiq lain.
1. Qualitas Produk.
CM didirikan untuk membuat produk yang baru bagi masyarakat
dan diharapkan dapat membuat para penyuka mode tas dan sepatu yang biasa di
mix-match agar terlihat lebih serasi akan terwujud dan CM berusaha untuk
bagaimana memuaskan para konsumen dengan barang produk yang bagus jg modis
dengan produk buatan asli dari negara sendiri yaitu indonesia, dengan
melihatnya bahwa orang-orang selalu tidak melihat produk dari negara sendiri
maka CM didirikan jg untuk membantu para pengrajin tas dan spatu yang
berkualitas tinggi agar tidak kalah saingan dengan produk luar neri yang sudah
mempunyai nama/brand.
2. Layanan Paket produk sesuai tema.
Tujuan perusahaan adalah melayani pelanggan sebaik-baiknya
dengan melihat kebutuhan dan keinginan konsumen karna konsep ini adalah konsep
desain sesuai dengan tema dan juga bisa di pesan sesuai dengan pesanan
pelanggan itu sendiri. Sesuatu yang berbeda yang coba CM wujudkan untuk
memenuhi keinginan pelanggan yang hobi mengkoleksi sepatu dan tas yang bisa di
padu padankan dengan dresscode yang mereka pakai atau juga sebagai sebuah trand
dimana anak muda jaman sekarang berusaha untuk tampil modis dan fresh.
3. Layanan staylish mix-match
CM juga menawarkan fasilitas saylish mix-match yang
paham dan tau akan dunia mode saat ini seperti apa, untuk membantu para
konsumen memilih sesuai dengan tema yang akan dipakai nanti agar konsumen lebih
memahami juga tentang dunia fhasion dan agar konsumen tidak salah pilih mode
atau salah kostum saat tas dan sepatu itu akan dipakai dan di sesuaikan dengan
dresscode yang akan nati konsumen pakai.
4. Lokasi Collection Match di Mall
Sama dengan konsep butiq lainya yang sebagian besar berada
di dalam Mall agar mempermudah CM mengenalkan produk-produknya dan juga
mengenalkan sebuah nama collection match yang nantinya akan menjadi sebuah nama
brand yang terkenal di kalangan dunia fhasion. Di sebuah Mall juga akan menjadi
sebuah lahan penjualan yang akan mempermudah konsumen untuk menemukan
lokasi CM .
5. Desain butiq uniq dan nyaman.
CM akan dirancan dengan tema-tema di dalamnya yang
berbeda-beda sesuai dengan pajangan-pajangan produk yang nantinya akan CM
pasarkan kepada konsumen. Juga nantinya CM di desain dengan senyaman mungkin
agar konsumen betah dan enak saat berada didalam bitiq, dengan desain yang uniq
pula orang-orang akan tertarik untuk masukdan melihat-lihat yang nantinya akan
menjadi bahan omongan dari mulut ke mulut yang secara tidak langsung menjadi
sebuah strategi pemasaran dari perusahaan ini.
b. Produk yang Ditawarkan.
Walaupun produk yang CM tawarkan adalah tas dan sepatu,
tetapi kami juga menawarkan fasilitas desain sesuai pesanan konsumen dan
sytaylish yang akan membatu konsumen untuk memilih sesuai dengan tema.
excotic party : di desain untuk para konsumen yang suka ke acara party dan bisa menyesuaikan tas juga sepatunya dengan dress andalan yang akan dipakai ke pesta ... "
Feminim cute : di desain untuk para konsumen yang bepenampilan feminim dan ceria, untuk menambah gaya konsumen untuk berpenampilan lebih cute.... "
glamour girl : untuk para konsumen yang sangat mencintai dunia gemerlap, dapat juga dipadukan dengan dresscode yang akan konsumen pakai saat pergi ke club malam yang glamour... "
Princess white : untuk
para konsumen yang akan mengadakan sebuah acara keluarga/ pernikahan bisa juga
jadi pilihan agar tetap bisa berpenambilan layaknya seoang putri didalam
dongeng ... "
Paket Tas dan Sepatu
CM menawarkan paket tas dan sepatu
yang serasi yang dapat dipakai sesuai dengan tema atau keinginan konsumen itu
sendiri. Juga dapat dibantu oleh para stylish handal yang nantinya akan
memberitahu mana yang cocok dan mana yang mode saat ini.
c. Harga.
Harga yang di tawarkan oleh
Collection Match sesuai dengan tema dan desain.
Daftar harga paket Tas dan Spatu CM
-
Ready paket T & S collection
Match : Rp 350.000
-
Reqwest paket T& S collection
Match : Rp 400.000
Harga yang ditawarkan relatif sesuai
dengan tema dan pesanan mode yang di inginkan. Dibanding membeli tas dan sepatu
yang terpisah CM berusaha memberikan paket yang berkualitas tinggi dengan harga
yang nyaman di kantong para mahasiswa dan pelajar tentunya.
d. Persediaan Barang danPemasaran.
-
Strategi pemasaan perusahaan adalah
meningkatkan kesadaran pembeli bahwa produk buatan indonesia juga tidak kalah
dengan luar negri. Dan juga akan membatu para pengrajin di indonesia semakin
sejahtera.
Implementasi strategi ini meliputi hal-hal brikut :
1.
Memberikan pelayanan konsultasi.
2.
Penawaran kartu diskont untuk
member.
3.
Materi-materi edukasi ( seperti
poster/movie) yang berkaitan dengan pembuatan sepatu.
4.
Pelayanan yang ramah dan
menyegarkan.
5.
Penempelan logo.
-
Bentuk lain strategi pembungkusan
paket Collection Match.
Dibuat uniq juga ramah lingkungan,
yang akan membuat pelanggan akan merasa puas juga dengan desain yang lucu
membuat ketertarikan prang lain untuk datang dan membeli kemungkinan terjadi.
e. Layanan Pelanggan.
Untuk meningkatkan kualitas layanan
kepada konsumen akan menyelanggarakan pemasaran internal melalui proses
rekrutment, pelatihan, motivasi pra karyawan. Bertujuan untuk memberikan
pemahaman kepada karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen.
Karyawan jg akan diberikan pelatihan
mengenai cara mix-match tas dan sepatu agar pelayanan staylish memuaskan
konsumen, dan para karyawan khusus stylish akan diberi terus pengetahuan
tengtang dunia fhasion.
Karyawan menggunakan seragam yang
bermacam-macam agar terlihat berbeda.
f. Desain Gerai.
Akan di desain dengan tema yang
sesuai dengan barang yang akan dipajang, jadi tema di dalam butiq macam-macam
sesuai dengan produknya nantinya. Dan itu jg akan terlihat sangan berbeda dari
yang lain.
g. Lokasi dan Pilihan Wilaya.
Pilihan lokasi dengan wilayah butiq
yaitu Mall dengan lalulintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau pengunjung
dan terlihat dengan jarak yang cukup jauh.
h. Mall terkemuka di masing-masing kota.
Bogor ( Botani square ), jakarta ( Mall pondok indah2 ), Bandung ( BIP ),
Yogyakarta (Mall malioboro ).
i. Pasokan Barang Dagang.
-
Suplier tas
-
Suplier sepatu
j. Operasi Gerai dan Manajemen.
-
Gerai akan di operasikan oleh satu
manajer toko yang akan bekerja penuh waktu dan 3 sapai 5 orang pegawai
pendukung yang bekerja paruh waktu.
-
Jam operasi adalah 9.00-21.00 setiap
hari senin-minggu.
I.
Pasar.
-
Perusahaan mempertimbangkan dua pasar yang relevan yaitu :
·
Pasar butiq outlet di indonesia.
·
Pasartas dan sepatu di indonesia.
-
Salain itu, perlu dipahami pula
segmen pasar yang akan dijadikan pasar sasaran Collectoion Match, perilaku
konsumen ke butiq dan positioning yang akan digunakan.
-
Segmentasi Pasar.
Berdasarkan studi lowe
dan majalah SWA (tahun 2005) segmentasi pasar Indonesi dapat dibagi menjadi 8
segmen, yaitu:
· Segmen 1 :
Pasrah/introvert wallflower (8,1%).
Ciri-ciri: wanita, usia matang berpendidikan rendah dan
tinggal di daaerah. Umummnya tidak punya banyak keinginan dan tidak terlalu
optimis terhadap masa depan.
·
Segmen 2 : Gaul/the networking pleasure seeker (11%).
Ciri-ciri: wanita, usia matang yang sangat terbuka, suka
bergaul dan penuh gairah, tinggal di daerah perkotaan degan tingkat sosial
ekonomi A+. Mereka sanagat materialistis dan memiliki harta/benda adalaj puncak
kebahagiaan hidup. Sisi menaik segmen ini adalah mereka percaya bahwa
peartemanan adalah investasi. Dimata mereka, pertemanan lebih seperti membuat
jejaring daripada membangun ikatan. Sehingga bagi mereka, pengakuan diri itu
ada jika mereka bisa diterima oleh lingkungan pergaulannya.
·
Segmen 3 : Orang Alim/confident establish (5,2%).
Ciri-ciri : Pria, usia matang, berpendidikan tinggi, dan
tinggal di daerah perkotaan. Mereka sangat percaya diri dan berkarakter kuat,
menyukai kedamaiian dalam kehidupan sosialnya, sangat normatif dan suka
menolong.
·
Segmen 4 : Ibu-Ibu PKK/the optimistic famly person(13,5%).
Ciri-ciri : wanita, usia matang dari
daerah rural dengan status sosial-ekonomi rendah, hidup dengan bersahaja,
realistis, kekeluargaan, dan normatif. Mereka menyukai masak sebagai hobi,
tidak sekedar kewajiban. Hidup diabadikan untuk keluarga, tidak meaterialistis.
Keluarga adalah segalanya.
· Segmen 5 :
Anak Nongkrong/the change expect lad (10,5%).
Ciri-ciri : muda, laki-laki, tinggal
di daerah urban, status sosial-ekonominya menengah-bawah. Karakter mereka:
hidup berorientasi pada teman-temannya (kelompoknya). Konsep yang dianut: all
is one and one is all.
·
Segmen 6 : Lembut Hati/cheerfull Humanist (12,1%).
Ciri-ciri : wanita muda dari daerah
dengan tingkat sosial ekonomi rendah, cebderung tidak suka menjadi pusat perhatian,
walaupun diterima dilingkungannya, menyukai lingkungan damai penuh harmoni,
sangat menaruh perhatian, dan berempati pada lingkungan dan orang-orang di
sekitarnya. Tidak mementingkan materi dan selalu ingin dibutuhkan lingkungan
serta menyayangi kebersamaan.
· Segmen 7 :
Main untuk Menang/the savvy conquer(16%).
Ciri-ciri : pria matang
berpendidikan, di daerah perkotaan ini sangat menikmati hidup lugas, selalu
berusaha mencapai kejayaan. Sangat menyukai kompetisi dan cenderung dominan dalam
pergaulan. Senang fashion, menikmati cuisine, dan gemar melihat iklan.
Keinginan dasar mereka adalah dimanja materi dan barang-barang yang dipunyai,
suka disanjung dan dipuja, serta supel dan penuh energi.
·
Segmen 8 : Bintang Penggung/the spontaneous fun loving (13,6%).
Ciri-ciri : wanita dari daerah
perkotaan dengan status sosial-ekonomi tinggi, senang menjadi pusat perhatian,
suka bergaul, suka pamer, dan menyenangi aktivitas diluar rumah, seperti pesta
dan kumpul-kumpul. Mereka menyukai hal-hal baru yang sedang menjadi tren,
seperti fashion dan gadget, serta sangat menukmati hidup. Bagi mereka, materi
adalah alat untuk memenuhi tuntutan gaya hidup, sanjungan dan pujaan adalah
bukti pengakuan diri, serta kelompok menjadi alat mencapai kepopuleran.
Berdasarkan hasil survey di atas,
maka potensi segmen yang bisa djadikan sasaran Collection Match adalah segmen
the spontaneous fun loving(13,6%), the networking wallflower(8,1%).
Perilaku konsumen ke butiq
·
Salah satu ciri-ciri konsumen di
indonesia khususnya anak-anak muda jaman sekarang adalah gaul, modis juga
trendi. Mereka juga senang yang namanaya berkumpul dan hangout bersama
teman-teman dan kebanyakan mereka memilih Mall untuk bercengkrama bersama
teman-temannya. Fasilitas yang banyak di sediakan di Mall khususnya adalah
untuk memenuhi perilaku konsuman seperti demikian. Tak tekercuali dengan
orang-orang yang suka dengan yang namanya fhasion dan belanja.
·
Jalan-jalan dan hunting untuk
bershopping menjadi kebutuhan bagi mereka yang tidak suka dengan keadaan yang
jenuh dengan suasana di rumah atau memang hanya ingin keluar untuk jalan
bersama teman-temannya. Bagi masyarakat perkotaan saat ini salah satunya juga
dipicu dengan adanya perilaku konsumen yang konsumtif.
Positioning
Agar
dapat menarik perhatian calon pelanggan CM merancang sebuah strategi
positioning yang akrab.
Beberapa statmen positioning yang bisa di gunakan misalnya :
1. Your style fresh
2.
Match your style
3. Change your style
II.
Pelanggan
Pasar
sasaran.
Adalah anak muda bergaya, yang mempunyai hobi belanja dan
sangat memperhatikan penampilan juga gaya dan mode saat ini. Target menengah ke
atas. Gerai berlokasi di tempat yang mudah di jangkau. oleh anak-anak muda yang
sedang pergi jalan-jalan.
Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup
tinggi.
III. Pesaing
Pesaing terutama berkaitan dengan merek tertentu yang
mungkin sudah banyak di kenal, kualitas produk, layanan, lokasi gerai.dan butiq
terkenal yang akan menjadi pesaing langsung Collection Match.
IV.
Manajemen
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek.
1.
Profesionalisme
2.
Keahlian dalam keuangan, manajemen
dan aspek hukum.
3.
Atribut pribadi, seperti daya inisiatif
dan determinasi serta integritas.
V.
Proyeksi keuangan
Ringkasan modal sbb:
1.
Biaya sewa gerai
1th : Rp.
20.000.000
2.
Biaya Rancang interior : Rp. 30.000.000
3.
Peralatan
: Rp. 10.000.000
4.
Lain-lain:
: Rp. 6.000.000 +
: Rp. 66.000.000
Penjualan
·
Asumsi penjualan tahap awal
rata-rata mix-match style pesanan.
·
Manajemen berasumsi bahwa konsumen
akan berkonsultasi dan memesan pesanan paket.
Gaji
Manajemen
akan membayar gaji menajer toko penuh waktu Rp 34.000.000/th. Karyawan paruh
waktu akan digaji sebesar Rp700.000/bln.
Kinerja
Keuangan
Kinerja keuangan di proyeksikan sbb :
·
Gross margin 70 %
·
Operating CF/sales 15%
·
Operating CF/interest 200%
·
Operating CF/investment 25%
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No comments:
Post a Comment